Kembali ke Halaman Sebelumnya

Penyebab Kebocoran Urin

Banyak perempuan yang belum tahu informasi yang benar seputar kebocoran urin, sehingga dapat memperburuk kondisinya. Mari kita merawat diri dengan memahami secara benar mengenai kebocoran urin.

Bagaimana mekanisme dari kebocoran urin?

Kebocoran urin disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul yang berada di bagian bawah panggul. Pada otot dasar panggul yang sehat, meskipun ada tekanan di perut, struktur otot dasar panggul secara reflek merapatkan lubang kemih (meatus uretra), untuk mencegah kebocoran urin. Kebocoran urin adalah tanda mengendurnya otot dasar panggul.

Apa saja tipe kebocoran urin yang sering dialami perempuan?

Ada 2 tipe kebocoran urin yang dialami oleh perempuan.
Tipe kebocoran urin yang paling sering dialami perempuan, selain yang lanjut usia, adalah "stress urinary incontinence" yaitu kebocoran urin yang terjadi ketika perut terkena tekanan meskipun tidak ada rasa ingin buang air kecil, seperti saat batuk, bersin, maupun menuruni tangga.
Tipe lain yang umum dialami perempuan, yang semakin menjadi perhatian seiring dengan pertambahan usia adalah "urge incontinence". Kebocoran urin ini terjadi ketika ada rasa ingin buang air kecil dan bergegas ke toilet, namun tidak terkejar dan terlanjur bocor.

Apa saja kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi kebocoran urin?

Buang air kecil yang sehat adalah pergi ke toilet setelah timbul rasa "ingin buang air kecil", kemudian kandung kemih berkontraksi, saluran kemih (uretra) mengendur dan keluarlah urin. Namun hal-hal seperti di bawah ini dapat mempermudah atau memperburuk terjadinya kebocoran urin.

  • Ketika buang air kecil perut diberi tekanan kuat dari otot perut untuk menuntaskan buang air kecil.
  • Sering pergi ke toilet meskipun tidak ada rasa ingin buang air kecil.
  • Meskipun buang air kecil sudah tuntas, terus memaksa keluar (mengejan) untuk memastikan apakah ada urin yang tersisa atau tidak.
  • Orang yang mengalami sembelit dan mengejan di toilet setiap hari.

Yang harus diingat ketika buang air kecil adalah mengendurkan otot dasar panggul dan mengeluarkan urin secara alami.

Kembali ke Halaman Sebelumnya

Top Page

Copyright© Unicharm Corporation

unicharm